Jumat, 25 Maret 2011

Cara mudah belajar Trigonometri

Seorang teman mengeluh kepada saya tentang betapa sulitnya trigonometri...padahal menurut saya materi ini sangatlah 'mengasyikan'. kebetulan pada waktu itu ia mengalami kesulitan dalam mengubah nilai trigonometri sudut istimewa di berbagai kuadran. kalau dihitung-hitung ada sekitar 48 RUMUS yang harus dihafalkan. wah,,,banyak juga ya, saya pun tak sanggup untuk menghafalkan rumus sebanyak itu. tapi dalam setiap masalah selalu ada 2 kemudahan yang mengapitnya.



balik lagi ke trigonometri

misal ada contoh seperti ini : sin (270'+A) (A maksudnya alpha dan ' adlh derajat). kalau liat rumus maka akan sama dengan (-cos A). Lho ko bisa??? ya bisa lah karena ini bisa dijelaskan lewat diagram cartesius, cukup pusing memang untuk memahaminya kalau melalui gambar diagram cartesius. trus misal ada lagi soal : sec (360-A)=??? maka dengan sangat mudah sy jwb cosec A. haha...ternyata ada sesuatu yg unik dari ke 48 rumus itu..



oke...sy mau berbagi tips gimana caranya memahami (bkn menghafal) rumus trigonometri sudut berbagai kuadran.



PERTAMA

Ingat...Dalam diagram cartesius terbagi menjadi 4 kuadran (kw). kuadran 1 terletak di kanan atas (X dan Y positif), kuadran 2 terletak di kiri atas (X negatif, Y positif), kuadran 3 terletak di kiri bwh (X dan Y negatif), kuadran 4 terletak di kanan bwh (X positif, Y negatif).

nah, nilai trigonometri di tiap kuadran itu berbeda-beda (positif atau negatifnya). di kuadran 1, semua nilai trigonometri adalah positif (+). di kuadran 2, HANYA sinus (sin) dan kebalikannya (cosecan) yang bernilai positif, yg lainnya negatif. di kw 3 HANYA tangen (tan) dan cotangen (cot) yg bernilai positif. dan di kw 4, hanya cosinus (cos) dan secan (sec) yg bernilai positif. biar gampang inget, dalam bahasa "Jerman" ada kata ASINTOS yg artinya postif. A=All positif (kw 1), SIN=SIN (kw2), T=Tan (kw 3), OS=cOS (kw 4).



KEDUA

jika ada soal seperti ini : sin (90'+A) atau tan (270'+A) (perhatikan angka 90 dan 270 nya). maka nilai trigonometrinya berubah, yang tadinya sin berubah jd cos (bgitu jg sbaliknya), yg tadinya tan menjdi cot (bgitu jg sbaliknya), dan yg tdinya cosec mnjdi sec (bgitu jg sbaliknya).

lalu, kalo ada soal seperti ini : sin (180'+A) atau tan (360'+A) (perhatikan angka 180 dan 360 nya). maka nilai trigonometrinya TETAP.



KETIGA

Tiap kuadran punya batas sudut 90'. kalo lebih sdikit saja berarti sudah masuk ke kuadran lain. misal ada soal sperti ini : cos (180'+A), maka sudutx ada di kw 3, kalo cos (180' - A) brarti sdutnya ada di kw 2.<90 br="">


KEEMPAT

kalo sudah memahami langkah 1,2,3 sy jamin apapun soalnya pasti bisa di jawab.

contoh :

nilai cos (270'+A)=.....

sy bantu...pertama, karena (270'+A) berarti ada di kw 4, sdangkan nilai cos di kw 4 adalah POSITIF (ingat ASINTOS). lalu ada angka (270'+A) artinya cos berubh jd sin. maka nilai cos (270'+A)=+sin A (cukup ditulils sin A saja).



lagi... nilai tan (360'-A)=....

jwb : itu ada di kw 4, tan di kw 4 negatif, angka (360'-A) berarti tetap tan. jd jwbannya -tan A. hahaha...mudah bukan??? mudah atau tidak tergantung dari banyaknya kita mengerjakan latihan soal.



ada 3 soal d bwh ini...

1. Cot (180'+A)=....

2. sin (270'-A)=....

3. cos (90'+A)=....

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

kalau sdh dijwb dan jawabanx sperti ini :

1. cot A

2. -cos A

3. -sin A

maka anda sudah maju beberapa langkah untuk menaklukkan soal trigonometri.



Selamat mencoba.....



NB : rumus bukan untk dihafal tapi untuk dipahami, sbg cntoh dri dulu-skr hanya ada angka 0-9, swaktu kecil kita hanya tau bilangan dr 1-10. sekarang, apakah anda bisa mengatakan berapa bilangan ini : 42.571 ?

bisa kan??? pdhal kita tidak menghafalkan angka sampai sebanyak itu, tapi dg memahaminya kita bs menyebutkan nilai suatu bilangan berapa pun digitnya.



Perkataan Matematikawan yg bernama ADHENT SMITH : "Matematika itu bukan untuk DITAKUTI tapi untuk DITAKLUKKAN"

24 komentar:

  1. wow, Mas, menemukan cara ini selama saya mengerjakan PR matematika, membuat saya justru tertarik dengan trigonometri!
    terima kasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. owh...bagus tuh...semoga tambah semangat mengerjakan matematikanya....

      Hapus
  2. wah keren. makasih banyak ya ^^

    BalasHapus
  3. kalau cara cepat memahmi peng-aplikasiannya di yang lain gmna ?
    msalnya koordinat catresius atau koordinat kutub itu bagaimana ada saran gak ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm,,,untuk menentukan koordinat cartesius atau kutub, dasarnya adalah nilai trigonometri di berbagai kuadran, tinggal ditambahin saja dengan konsep yg lain,,,
      ada contohnya???

      Hapus
  4. mantap gan, tapi biaya data untuk akses ini terlalu banyak, jadi ga efektif belajar lewat handphone. Klo boleh blog ini ga ush trlalu bnyk kli data aksesnya.cz aku suka cara penyajiannya blogmu ini gan. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ya ya,,,,cuma kalau terlalu sdikit kasihan yang baru belajar,,,oke deh,,,thanks atas sarannya,,,saya coba seminimal dan sejelas mungkin kata-katanya...

      Hapus
  5. sumpah saya skrng gak pake ngitung :D cuma di kira" aja udah bener kwkwkwk makasiii , pak adiputra yosi , semoga selalu di berikan kelancaran dan kesehatan , rejeki yang barokah :)

    BalasHapus
  6. makasi pak YOSI ADIPUTRA , skrng saya cuma saya ira" , saya nalar udah bener kwkwkw , semoga di beri kelancaran , rejeki dan kebarokahan amiin :D :)

    BalasHapus
  7. terima kasih pak yosi adiputra, saya bisa mengerti trigonometri tanpa lesss. good

    BalasHapus
  8. Keren postingannya gan, tapi disana masih ada yang salah, kebalikannya sinus itu cosecon ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya maaf,,,sudah diperbaiki, terimaksih masukannya

      Hapus
  9. Terima kasih, tapi masih kurang paham nih:(

    BalasHapus
  10. Gmn pak klu untuk presentasi mulai dari mn yah?

    BalasHapus
  11. Terimakasih.Semoga pahala anda terus mengalir.amin

    BalasHapus
  12. Terimakasih postingannya sderhana dan simple sampai mudah d pahami.
    Yang di "KETIGA" ada kesalahan pengetikan awalnya (180°+A) ada d kuadran 3 itu benar nah yang selanjutnya harusnya (180°-A) itu ada d kuadran 2.
    Dan untuk jawaban nmor 3 yang soalnya:
    cos(90'+A)=.... knapa jawabannya -sin A bukannya sin di kuadran 2 itu positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, sudah diperbaiki menjadi (180-A)
      Untuk nilai cos (90+A) yang diperhatikannya itu nilai trigonometri awalnya (dalam hal ini nilai cos). jd nilai cos di kuadran 2 kan negatif.

      Hapus
  13. Terimakasih,alhamdulillah terbantu😁🙏

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah,bisa ngebantu
    Makasih...

    BalasHapus