Minggu, 05 Desember 2010

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Terhadap Pemahaman Matematik Siswa (Abstrak)

YOSI ADIPUTRA. 2010. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Terhadap Pemahaman Matematik Siswa . (Penelitian Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2009/2010). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Rendahnya pemahaman matematik kemungkinan ada kaitannya dengan pendekatan pembelajaran yang dilakukan guru. Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional kurang membuat siswa aktif dalam pembelajaran, siswa lebih banyak pasif dan hanya duduk di bangku. Salah satu alternatif yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Quantum terhadap pemahaman matematik siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Quantum terhadap pemahaman matematik siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman matematik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian diambil dua kelas secara acak menurut kelas dari seluruh populasi, yaitu kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 43 orang dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 42 orang. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum dan kelas kontrol diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung.

Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Quantum terhadap pemahaman matematik siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar